Stiker

Dalam media industri dan promosi stiker banyak digunakan oleh produsen sebagai pengenalan produk dan event agar lebih menarik.

Stiker biasa digunakan pada label kemasan botol atau plastik, desain dan ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan customer. Selain kemasan, stiker juga sering digunakan sebagai sarana pengenalan komunitas dan brand produk.

Ada berbagai jenis bahan stiker yang biasa digunakan untuk promosi :

a. Stiker Bontak (dari bahan kertas glossy) bagus untuk dicetak fullcolor, dengan harga yang cukup murah, biasa digunakan untuk label botol, promosi, Pilkada dan sticker kemasan plastik harganya pun lebih ekonomis, namun stiker ini memiliki kelemahan jika terkena air mudah sobek. tetapi untuk kemasan jamu atau minuman agar lebih tahan lama bisa di finishing laminasi glossy atau doff.

b. Stiker Vynil (dari bahan plastik), ada sticker yang berwarna putih dan sticker yang berwarna bening (trasnparant), bagus dan kuat. Bisa tahan hujan dan matahari lebih lama dibanding chromo. Pilihan cetak disablon untuk tulisan yang tidak ada fotonya. atau dengan mesin offset, atau dengan digital printing sehingga cocok untuk sticker komunitas, distro dan pemilu. Bisa cetak foto Caleg (Calon Legistatif), dengan hasil seindah foto aslinya dan cukup kuat jika ditempel di mobil, tidak mudah luntur jika terkena air.

c. Stiker Cutting
adalah stiker yang dibentuk sesuai area stiker yang berwarna dan menghilangkan bagian yang tidak tercetak sehingga akan timbul kesan emboss